Kasus Pengacaman Terhadap Jurnalis Terjadi, Kabid Koperasi Halsel Di Laporkan
Cari Berita

Advertisement

Kasus Pengacaman Terhadap Jurnalis Terjadi, Kabid Koperasi Halsel Di Laporkan

Kibar News
12/19/2020


LABUHA.KN -- Telah di laporkan ke Polres Halmahera Selatan (Halsel) atas dugaan kasus pengancaman, dan bahasa tidak menyenangkan serta menghalangi- halangi tugas jurnalis yang di lakukan oknum kepala bidang (kabid) dinas koperasi dan UKM peridustrian dan perdagangan kabupaten halmahera selatan (halsel) provinsi maluku utara oleh "JABIR"  dan satu pegawainya. dengan laporan pengaduan Nomor : STPLP/115/XII/2020/SPKT. Sabtu tanggal 19 Desember 2020 sekira pukul 13: 40 Wit.


Kepala bidang (Kabid) Dinas Koperasi dan UKM perindustrian dan perdagangan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) bapak jabir dan satu pegawainya di duga kuat Telah melakukan pengancaman dan bahasa tidak menyenangkan serta menghalangi-halangi tugas jurnalis yang terjadi di kantor dinas koperasi. dirilis Sabtu 19/12/2020.


Korban, di hari Rabu pagi itu saya datang ke kantor dinas koperasi untuk konfirmasi data masyarakat tabalema yang sudah di ajukan ke kantor dinas koperasi sejak tahap pertama, namun sampai saat ini belum ada yang dapat. Katanya."


Lanjut Sukandi sebagai korban, jadi saat saya dengan satu teman datang di kantor dinas koperasi kong masuk ke ruang kerjanya pegawai koperasi, itu di dalam ruangan ada empat (4) orang yang tiga (3) orang, itu pegawai dinas koperasi dan satu ibu-ibu sudah tua."

saya bilang, saya mau konfirmasi, jadi saya tanya data masyarakat Tabalema penerimaan bantuan UMKM ke ketiga pegawai itu," tandasnya (korban)


Tambah dia, tapi malah saya di jawab dengan kata-kata yang tidak menyenangkan oleh bapak jabir dengan nada keras seperti orang teriak-teriak di jalan, serta saya di ancam oleh salah satu pegawai yang belum saya tau (Namanya)." Terang (korban)


juga, Dengan begitu saya mau foto itu ketiga pegawai tapi saya sudah di cegah dan di ancam oleh teman bapak jabir yang juga merupakan salah satu pegawai di dinas koperasi, tapi saya sempat rekam secara diam-diam sekitar beberapa menit tetapi tidak bisa difoto soalnya saya sudah di tarik dan di dorong-dorong sampai keluar kantor oleh bapak jabir. Ungkap (korban), Rabu 16/12/2020 sekira pukul 16:18 wit.


Atas kasus tersebut yang di lakukan oleh kedua oknum, kepala bidang (kabid) dinas koperasi halmahera selatan (halsel) dan salah satu pegawainya di dalam kantor dinas koperasi halmahera selatan (halsel), serta korban sudah melaporkan ke polres halmahera selatan serta menyerahkan barang bukti berupa rekaman dan sudah serahkan salinan Pengaduan ke kejaksaan  halmahera selatan sebagai tembusan (halsel)." Jelas  (korban). penulis Sukandi ( tim)




Peringatan HBN ke-72 Tahun, Wabup Gowa Ajak Seluruh Masyarakat Untuk Bisa Turut Andil Dalam Membela Negara.

Humas Gowa-----Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni didampingi Kasatpol PP, Alimuddin Tiro, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Mappasomba, dan Kepala BPBD Ikhsan Parawansah mengikuti Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke 72 secara virtual zoom di Peace Room A'Kio, Sabtu (19/12). 

Pada momentum tersebut, Kr Kio sapaan akrabnya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Gowa untuk bisa turut andil dalam membela negara. Menurutnya sebagai bangsa Indonesia harus mampu mengambil peran demi keutuhan NKRI. 

"Dengan peringatan ini kita bisa menyadari pentingnya membela negara. Tentu ini bukan hanya tugas TNI, Polri maupun pemerintah namun kita harus bersama-sama menjaga NKRI untuk Indonesia lebih maju kedepan," ungkapnya usai mengikuti peringatan HBN. 

Sementara Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengaku peringatan HBN ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun 2020 Indonesia sedang dilanda Corona Virus Disease 2019 (Covid19), namun tidak menhilangkan pentingnya peringatan tersebut. 

"Ancaman pandemi Covid-19 belum berakhir, tetapi salah satu cara yang bisa kita lakukan dengan mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, memakai masker dan rajin cuci tangan," katanya.

Selain itu, implementasi bela negara saat ini turut dilakukan para tenaga kesehatab yang menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. 

"Bagi tenaga kesehatan yang selalu bekerja dalam menyelamatkan pasien tanpa lelah dan menjadi barisan terdepan meskipun nyawa taruhannya itu salah satu bentuk bela negara," tambah Prabowo.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut dirinya juga mengajak seluruhmasyarakt Indoensia untuk selalu meningkatkan semnagat dalam membela negara. Menurutnya jika seluruh elemen bisa bersatu maka bisa menciptkan Indonesia yang semakin mandiri, berdaulat dan semakin unggul. 

"Selamat Hari Bela Negara mari jadikan momentum ini dalam meningkatkan semangat dalam membela negara. Karena dalam membela negara semua harus bisa mengambil peran untuk negara kita," pungkasnya. 

Peringatan HBN diperingati setiap tahunnya dimana tepat pada 19 Desember 1948, muncul deklarasi tentang pendirian Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). PDRI yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, punya peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Saat itu Belanda melancarkan Agresi Militer II dan para pemimpin republik, termasuk Sukarno-Hatta ditangkap, sehingga PDRI menjadi penyelenggara pemerintahan RI sementara melalui Kabinet Darurat yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.

Maka itu, tanggal 19 Desember ditetapkan menjadi Hari Bela Negara melalui Keppres No. 28 tahun 2006 yang diteken oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.(NH)

Atasi Pohon Tumbang Akibat Cuaca, Tim Gerak Cepat Pemkab Gowa Langsung Turun Lapangan 

 Gowa-----Sejumlah pohon tumbang di beberapa titik di wilayah Kabupaten Gowa. Hal ini disebabkan karena hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Gowa, Sabtu (19/12).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis menyebutkan pohon tumbang terjadi di beberapa ruas jalan di Kabupaten Gowa khususnya di Kecamatan Somba Opu. Menanggapi hal tersebut pihaknya langsung melakukan evakuasi batang pohon.

"Saat ini kami Tim Dinas Lingkungan Hidup sementara melakukan evakuasi batang pohon yang menutupi jalan agar bisa dilalui kendaraan," kata Azhari saat dikonfirmasi.

Ia menyebutkan beberapa titik terjadi pohon tumbang, seperti di Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo depan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Poros Macanda Kelurahan Mawang, Kompleks Pandang-Pandang dan Jalan Poros Panciro.

Beruntung dalam kejadian ini tidak korban. Hanya saja kata Azhari satu unit rumah tertimpa pohon. Olehnya dirinya menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca saat ini.

"Kami berharap agar seluruh warga masyarakat tetap menjaga keselamatan, menghindari titik-titik rawan pohon tumbang, dan melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup bila mana ada kejadian-kejadian pohon tumbang," harapnya.

Sebagai antisipasi pohon tumbang, dirinya menambahkan bahwa sebelumnya Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang dan menggantinya dengan pohon yang lebih kuat.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap cuaca saat ini. Apalagi sesuai dengan Prediksi Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gelombang Lanina yang akan terjadi di wilayah Indonesia.

"Mohon juga untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat yang mengakibatkan saluran tersumbat, Pemda Gowa akan berupaya melalukan penanganan. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin," ucapnya.

Pembersihan pohon tumbang ini juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Pemerintah Kecamatan, Polsek, Koramil, Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat sekitar

Politik

Advertisement