Bencana Jembatan Bontokassi Di Parangloe Gowa
Cari Berita

Advertisement

Bencana Jembatan Bontokassi Di Parangloe Gowa

Kibar News
12/25/2020


Gowa.KN - Pelaksanaan Proyek Paket VII Pembangunan Jembatan Dusun Pammanjengang Desa Bontokassi Kec Parangloe Pekerjaan Konstruksi Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG anggaran Rp 2 258.512.700,00, nama pemenang Cv Algaisa utama alamat JL A MALLOMBASANG NO.7.B - Gowa (Kab) - Sulawesi Selatan, dipastikan tidak akan selesai tepat waktu pada akhir Desember tahun 2020

Proyek yang ditenderkan November 2020 dimulai 9 November sampai 28 Desember 2020 waktu pekerjaannya atau hanya diberi waktu 49 hari. Pekerjaan jembatan ini baru dikerjakan intensif di akhir november 2020 oleh Kontraktor pemenang tender karena diduga menunggu downpaymen (DP). 

Ketua LSM Masyarakat Pemantauan Anggaran dan Kinerja Aparatur Negara (MAPANKAN) Gowa, Ibrahim mengatakan pelaksanaan pembangunan proyek jembatan ini baru berjalan lancar setelah anggarannya turun dari provinsi Sulsel sebesar 50 persen, Jumat, (25/12/2020) saat dihubungi via WhatsApp.

Lanjut jelasnya, nampak dilokasi belum terlihat progres pembangunannya yang signifikan, masih sangat jauh dari yang diharapkan. Sepertinya jembatan ini progresnya lagi kencing berlari.

Pelaksanaan lelang tender proyek pembangunan jembatan ini terkesan dipaksakan, pasalnya sudah memasuki musim hujan dan waktu yang sangat mepet, kami akan mengawasi terus sampai tuntas termasuk denda keterlambatan dan pengembalian uang negara apabila di putus kontrak,"pungkas pria tambur yang akrab disapa Bram.


Diketahui jembatan ini rusak parah diterjang bencana longsor dan banjir 2019 lalu dan masuk usulan prioritas pembangunan infrastruktur kabupaten Gowa

Jembatan di desa Bontokassi ini kondisinya masih memprihatinkan. Pondasi jembatan patah. Bahkan salah satu ujung jembatan sudah menyentuh dasar sungai.

Jembatan yang membentang di atas Sungai Rakikang merupakan akses satu-satunya warga Dusun Lantaboko. Jika jembatan tersebut putus, 164 kepala keluarga akan terisolir apabila tidak segera diselesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Politik

Advertisement