Tanggapi Arqam, Ketua KIP2D : Telalu Dini
Cari Berita

Advertisement

Tanggapi Arqam, Ketua KIP2D : Telalu Dini

Kibar News
6/08/2020

Ketua KIP2D, Agus AS


Makassar - Pandangan akademisi yang juga pengamat politik dan kebangsaan, DR. Arqam Azikin yang menyarankan kepada PJ Walikota Prof. Yusran Jusuf untuk mundur sebagai Ketua tim gugus covid-19 kota Makassar mendapat tanggapan dari tokoh masyrakat.

Adalah Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu dan Demokrasi (KIP2D) Agus AS mengatakan penanganan corona  adalah masalah yang sangat kompleks sebab terkait dengan masalah-masalah sosial dan medis sehingga menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, tenaga medis, akademisi dan masyarakat harus kolaborasi saling memberikan  support berkonstribusi lansung  membantu  tim medis.

"Jika kemampuan kita bidang akademis ya menimal membantu pemerintah  melakukan edukasi terhadap masyarakat guna  mempercepat  atau minimal dapat mengeleminir  penyebaran virus covid 19 di kota makassar. Sebagai seorang akademis dan notabene pengamat kebangsaan, mungkin  juga patut dipertanyakan saudara Arqam apa saja  kontribusi nyata  yg telah di lakukan  selama terjàdi Covid 19. Kalau toh  bicara  dengan kapasitas pengamat kebangsaan, mungkin salah kamar  bicara tentang covid-19  karena  bukan keahliannya di bidang medis", beber Agus saat ditemui di warkop Dg. Anas, Jl. Faisal Makassar, Senin (08/06/20).

Menurut Agus, seorang ilmuan  harus  memberikan penilaian menurut  basic  keilmuan yang dimiliki. "Jika bukan bidang ilmunya yang dikomentari maka landasan teorinya pasti amat lemah", imbuhnya.

Agus menilai terlalu dini Arqam Azikin mendesak PJ Walikota untuk mundur dalam melaksanakan tugasnya sebagai Ketua tim gugus covid-29.

"Seorang ilmuwan sebelum mengeluarkan statmen harus melihat dan mengkaji secara komperhensif suatu persoalan sebelum mengambil kesimpulan", tutup Agus. (*)

Politik

Advertisement