Serahkan Data Warga, Gernas NGO Covid-19: Kami Akan Kawal
Cari Berita

Advertisement

Serahkan Data Warga, Gernas NGO Covid-19: Kami Akan Kawal

Kibar News
4/24/2020


Makassar -- Gerakan Nasional (Gernas) NGO Covid-19 Propinsi Sulawesi selatan yang dibentuk oleh gabungan lembaga/ ormas/ lsm/ media/ kelompok masyarakat (KBPPP Makassar, Yapkindo, LMP Sulsel, KPK-Indtim, GPL RT-RW, Permas, kibarnews.id , simakberita.com , jurnal reformasi, accarita.com , KIP2D) mendatangi kantor Dinas Sosial kota Makassar pada Kamis (22/04/20) siang tadi.

Kehadiran Gernas di kantor Dinsos Makassar dalam rangka menyetor data warga yang sebelumnya telah diverifikasi oleh internal Gernas.

Sekjend Gernas, Iqbal mengatakan akibat penyebaran covid-19 dan akan diberlakukannya PSBB di kota Makassar, banyak masyarakat yang kehilangan sumber pendapatannya dan layak mendapat bantuan, akan tetapi mereka tidak terdata oleh pemerintah.

"Jadi, kami di Gernas yang di dalamnya ada beberapa lembaga dan media yang bergabung membuka posko peduli dampak covid, dan menerima pengaduan, pendataan warga yang terdampak covid tapi tidak terdata oleh pemerintah. Data itu kami kumpulkan untuk kemudian sembari menggalang donasi dari para dermawan baik perorangan, instansi pemerintah maupun swasta", beber Iqbal.

Selain itu tambah Iqbal, data tersebut juga diserahkan ke Dinas Sosial untuk kemudian di  verifikasi sebagai calon penerima bantuan.

"Tidak sedikit warga dan para Ketua RT/RW datang ke posko mengelukan bantuan dari pemerintah karena banyak warga yang layak diberi bantuan tapi tidak mendapatkan, begitu pun dengan para RT yang sudah menyetor data tapi bantuan yang diterima untuk warga tidak signifikan, nah itu yang coba kami kawal dan upayakan", imbuhnya.

Senada dengan Iqbal, Ketua umum Gernas NGO Covid-19 Agus AS berharap agar pemerintah dan pihak terkait untuk transparan dalam penyaluran bantuan kepada masyarakat.

"Ratusan milyar anggaran untuk covid, kami mewanti-wanti pemerintah untuk betul-betul transparan dan terbagi bantuan tersebut kepada masyarakat. Kasihan jika ada warga dapat ada tidak padahal sama-sama terdampak covid. Terutama pihak Dinsos yang banyak bersentuhan langsung terkait bantuan untuk betul-betul penyalurannya, karena akan kami pantau terus, karena sudah banyak keluhan di lapangan terkait bantuan covid ini", tegas Agus saat menyerahkan data tahap awal sebanyak 425 data warga dari berbagai kelurahan di kota Makassar kepada perwakilan Dinsos Makassar, Ratna.

Gernas juga senantiasa mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar tetap jaga jarak, di rumah saja jika tidak ada hal yang urgen, dan senantiasa jaga kesehatan.

Sementara itu, pihak Dinsos yang diwakili oleh Ratna mengucapkan terima kasih dan sangat terbantu dengan hadirnya Gernas yang mau berjalan melakukan kerja-kerja sosial.

"Kami sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan hadirnya Gernas yang turut memberikan data warga untuk kemudian akan kami verifikasi", ujar Ratna. (fadel)

Politik

Advertisement