Jelang PSBB, Gernas Buka Posko Bantuan
Cari Berita

Advertisement

Jelang PSBB, Gernas Buka Posko Bantuan

Kibar News
4/21/2020


Makassar -- Pandemi covid-19 yang terus memperlihatkan peningkatan penyebarannya membuat masyarakat harus lebih barhati-hati,  menjaga jarak dan kesehatan.

Penyebarannya yang belum juga berakhir, terutama di kota Makassar membuat pemerintah kota mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan akan diberlakukan dalam waktu dekat ini.

Penyebaran covid-19 yang menyebabkan penyakit corona ini memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah saja jika tidak ada hal yang urgen. Tentunya hal tersebut membuat tidak sedikit masyarakat kesulitan dalam bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Melihat hal tersebut, beberapa ormas/LSM/kelompok masyrakat dan Media membentuk sebuah wadah bersama yang diberi nama Gerakan Nasional (Gernas) NGO Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun kelompok yang tergabung : 

1. Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) kota Makassar 
2. Yayasan Pemerhati Kanal Indonesia (YAPKINDO) 
3. KIP2D
4. KPK-INDTIM 
5. Persaudaraan Makassar (PerMas)
6. Gerakan Pemerhati Lingkungan RT/RW (GPL RT/RW)
7. KibarNews.id 
8. SimakBerita.com 
9. Jurnal Reformasi
10. Mada LMP Sulsel

Sekretaris Gernas NGO Covid-19, Iqbal mengatakan hadirnya Gernas NGO ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam proses sosialisasi dalam rangka memutus penyebaran covid-19, serta berpartisipasi dalam membantu masyarakat.

"Gernas yang di dalamnya ada berbagai elemen akan melakukan proses pendataan/ pendaftaran warga terdampak corona yang tidak terdata dan tidak mendapat bantuan dari pemerintah, serta menghimpun donasi dari para dermawan", terang Iqbal saat ditemui di posko Gernas NGO, jl. RSI Faisal Makassar, Senin (20/04/20).

Senada dengan Iqbal, Ketua Gernas NGO Agus AS mengungkapkan Gernas membentuk tim relawan kemanusiaan reaksi cepat dalam bekerja ke depan.

"Kita bentuk tim relawan kemanusiaan reaksi cepat. Selain mendata seperti yang disampaikan Pak Sekretaris tadi, Gernas juga akan menghimpun dan menerima donasi dari para dermawan , kemudian akan kami salurkan kepada masyarakat terdampak covid tapi tidak terdata oleh pemerintah yang telah kami data sebelumnya. Jadi masyarakat yang akan nantinya mendapat bantuan sebelumnya mengisi formulir dulu dimana formulir tersebut harus sepengetahuan Ketua RT atau RW nya", kata Agus.

Mantan Kadispora Makassar ini juga mengatakan, nantinya penyaluran bantuan akan diantar langsung oleh tim ke alamat penerima.

Selain itu, Agus yang juga mantan Ketua LMP Sulsel ini menambahkan jika Gernas juga akan melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan oleh pemerintah. (**)

Politik

Advertisement