Ini Dia Cara Menghemat Data Saat WFH
Cari Berita

Advertisement

Ini Dia Cara Menghemat Data Saat WFH

Kibar News
4/04/2020

ft (int)

Kibarnews.id - Hingga hari ini, wabah virus corona yang masih berlangsung dan membuat sebagian orang untuk berada di rumah. Karyawan kantor pun menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home.

Dengan bekerja dari rumah, maka konsumsi kuota data boleh jadi akan meningkat. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana agar kuota data yang Anda miliki tidak boros.


Untuk bisa menghemat penggunaan data, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Gunakan WiFi

Bila di rumah Anda sudah memasang paket berlangganan dengan fasilitas WiFi, maka sebaiknya Anda memanfaatkan WiFi tersebut. Menggunakan WiFi tentunya akan lebih menghemat data dibandingkan tethering melalui ponsel.

Batasi Streaming Video

Apabila Anda harus memakai layanan data melalui ponsel, maka Anda bisa mengatur penggunaan dengan membatasi streaming video. Dengan demikian, batasi menonton video YouTube dengan durasi panjang serta dengan video resolusi tinggi agar dapat menghemat kuota data.

Kurangi Main Game dan Media Sosial

Ketika belajar atau bekerja dari rumah mungkin Anda kerap kali merasa bosan. Lantas game online dan media sosial menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan.

Demi menghemat kuota data, sebaiknya Anda menahan diri dari keinginan bermain game online atau mengakses media sosial secara berlebihan.

Aktifkan Fitur pada Browser

Google Chrome di Android memiliki fitur Lite Mode yang bisa Anda aktifkan melalui Setelan atau Settings. Dengan fitur ini, Anda akan merasakan kecepatan ketika membuka halaman website. Chrome mengklaim memuat halaman lebih cepat dan penggunaan data bisa lebih hemat hingga 60 persen.


Hapus Aplikasi yang Boros Konsumsi Data

Beberapa aplikasi mungkin mengonsumsi kuota data Anda tanpa Anda sadari. Bila tidak benar-benar dibutuhkan, Anda bisa menghapus aplikasi yang boros kuota data tersebut.

Sebelumnya Anda bisa memeriksanya apakah ada aplikasi yang banyak mengonsumsi data. Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang.

Sumber : techno.okezone.com 

Politik

Advertisement