Cegah Corona, Pasar di Gowa Akan Di Isolasi
Cari Berita

Advertisement

Cegah Corona, Pasar di Gowa Akan Di Isolasi

Kibar News
4/05/2020

Kadis Perdagangan & Perindustrian Kab. Gowa, Andi Sura Suaib


KibarNews.id -- Pasar adalah salah satu tempat yang selalu ramai dan menjadi tempat bertemunya orang-orang untuk melakukan aktifitas jual beli. Sebagai salah satu tempat keramaian, pasar juga menjadi fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk memutus mata rantai penularan virus Corona atau Covid-19 yang saat menjadi pandemi global.

Pemkab Gowa melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) kembali mengeluarkan surat untuk seluruh pasar yang di Kabupaten Gowa agar terlibat dalam penanganan penularan Covid-19.

"Melalui surat edaran ini kami mengajak kepada masyarakat, khususnya pengelola pasar agar ikut berperan aktif mencegah penyebaran covid-19 di kabupaten Gowa,"kata Kepala Disperdastri Kabupaten Gowa, Andi Sura Suaib Sabtu (4/4/2020) sore.

Dalam surat ini, Andi Sura Suaib menyebutkan tiga point penting yang harus dilakukan sebagai langkah-langkah penanganan penularan Covid-19 di area pasar.

"Pertama sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, maka dinilai perlu dilakukan isolasi area pasar dengan melakukan karantina penjual lokal," ujarnya.

Kedua kata Andi Sura, penjual yang berdomisili di luar Kabupaten Gowa, serta yang membawa barang dagangan dari luar Kabupaten Gowa, terhitung sejak tanggal 7 April 2020 untuk sementara tidak membuka Kios/Lods/Lapaknya terkecuali dioperasikan sementara oleh penjaganya yang berdomisili di Kabupaten Gowa.

"Yang terakhir kami tetap menghimbau penggunaan masker dan sarung tangan karet/plastik, khususnya penjual ikan, ayam/daging dan sayuran, serta sering mencuci tangan dengan air mengalir atau pada tempat cuci tangan yang telah disediakan sesuai penyampaian sebelumnya," sebutnya.

Dirinya menambahkan, sejak merebaknya Covid-19 ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Seperti memasang spanduk himbauan dan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh pasar yang di Kabupaten Gowa serta memasang tempat cuci tangan.

“Kami juga telah melakukan pemasangan westafel sebagai tempat cuci tangan yang bisa digunakan pedagang dan pembeli. Sekaligus mengingatkan pedagang untuk semakin menjaga kebersihan pasar tempat mereka berjualan,” tambahnya. (Udin)

Politik

Advertisement